Teater Dewa Ruji mempersembahkan pertunjukan berjudul Orang Asing

Posted : 10 Feb 2018

Pementasan berjudul Orang Asing oleh Teater Dewa Ruji didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation sukses dipentaskan di Auditorium Universitas Muria Kudus pada 10 Februari 2018.

Pertunjukan yang disutradarai oleh M. N. Baidlowie ini sebagai kritik sosial masyarakat yang dibutakan oleh harta. Sifat semacam itu akan membawa dampak penyesalan mendalam, semisal harus kehilangan anggota keluarga sebagaimana alur cerita pada naskah itu. Kondisi yang kepepet kemudian mendapatkan iming-iming harta terkadang membutakan nurani manusia.

Dalam naskah Orang Asing, keluarga miskin di sebuah desa merasa iri dengan kekayaan yang dimiliki tamunya, yaitu orang asing. Bermula dari dengki itu, mereka berencana membunuh orang asing tersebut dan menguasi seluruh uang yang dimilikinya. Jadilah, seorang anggota keluarga itu membunuh pemuda saat sedang tidur lelap. Naskah karya penyair asal Inggris, Ruppert Brooke, digarap oleh Teater Dewa Ruji dengan beberapa sisipan potret yang relevan dengan kondisi sosial kekinian.

Kita melihat banyak manusia masih berpikir instan dan serampangan dalam mengejar harta dan kekayaan. Berbagai cara instan dan tidak wajar tak jarang ditempuh demi mendapatkan harta dan kekayaan.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya