Dewan Kesenian Jakarta Kembangkan Platform Keragaman Seni Tari Melalui Jakarta Dance Meet Up

Posted : 30 Aug 2017

Dewan Kesenian Jakarta didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menggelar perhelatan Jakarta Dance Meet Up (JDMU) edisi kedua pada 30 Agustus 2017 di Gedung Kesenian Jakarta. Pada JDMU kali ini, menampilkan komunitas tari dari beragam genre. Komunitas tari yang terpilih yaitu Ali Dance Company (koreografer Irfan Setiawan), Chiva Production (Yohanes Christo), Namarina Dance Academy (Andhini Rosawiranti dan Truly Rizki Ananda), Rafa Dance (Enindita Sih Lastyari, Felicia Chitraningtyas) dan Sanggar Tari Cipta Budaya (Ilham Muji Riyanto).

Masing-masing koreografer dari setiap sanggar membawakan karya dengan tema yang berbeda. Semua komunitas terpilih tidak hanya mempresentasikan kreasinya dihadapan penonton tetapi juga dihadapan dua pengamat, Adinda Luthvianti (Anggota Komite Teater DKJ) dan Jefriandi Usman (koreografer). Setelah tampil, semua komunitas tari ini kemudian menyampaikan aspek kreatifitas,  estetika, hingga manajemen pengelolaan setiap karya.

Pada momen ini para pengamat juga memberikan evaluasi kepada masing-masing karya secara mendalam dan simultan. Sesi ini dilakukan secara bersamaan, sehingga masing-masing komunitas tari dapat saling belajar dari berbagai masukan yang berlangsung.

Jakarta Dance Meet Up (JDMU) adalah program dari Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta yang dilakukan secara berkala sejak 2017. JDMU merupakan upaya untuk memetakan, memfasilitasi, dan merangkul komunitas tari di Jakarta. Platform ini memberikan ruang apresiasi dan edukasi yang berkelanjutan bagi pelaku seni tari Ibukota yang minim kesempatan. JDMU juga menjadi saluran yang tepat untuk berjejaring antar komunitas maupun sanggar yang memiliki karakter berbeda.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya