Senopati Bhisma

Posted : 21 Apr 2018

Pertunjukan berjudul Senopati Bhisma berkisah tentang Resi Bhisma yang berikrar tidak menikah dan mengabdikan hidupnya untuk kerajaan Hastina. Resi Bhisma adalah  kakek dari para Pandawa dan Kurawa. Ia sangat sakti dan pada masa mudanya mengikuti sayembara untuk mendapatkan permaisuri bagi raja Astina . Ia berhasi memenangkan sayembara dan memboyong 3 Dewi :  Amba, Ambika  dan Ambalika.

Di luar dugaan ternyata Dewi Amba menaruh hati pada Bhisma, namun Bhisma tidak bisa menerima cinta Dewi Amba karena telah berikrar tidak menikah. Secara tidak sengaja Dewi Amba terbunuh oleh panah Bhisma. Pada saat Dewi Amba sedang sekarat, Bhisma menyatakan bahwa sesungguhnya dirinya juga mencintai Dewi Amba. Ruh Dewi Amba yang keluar dari jasadnya mengatakan bahwa dia akan menjemput Bisma suatu saat agar bisa bersama di alam lain. Saat perang Bharatayuda, Amba meraga sukma pada Srikandi (istri Arjuna), dan menjemput Dewabrata ke surga.

Lakon ini berkisah tentang kesetiaan dan keteguhan hati Resi Bhisma yg rela berkorban jiwa bukan karena membela yang salah, tapi demi membela tanah kelahirannya, Hastina.

Senopati Bhisma merupakan persembahan dari Wayang Orang Bharata didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, kegiatan ini digelar pada tanggal 21 April 208, di Gedung Pertunjukan Wayang Orang Bharata, Jl. Kalilio 15, Senen, Jakarta Pusat.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya