Art Jog 2018, Pameran Seni Rupa Kontemporer Terbesar di Indonesia

Posted : 04 Jun 2018

Perhelatan pameran seni rupa berskala internasional, Art Jog 2018 resmi dibuka oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. Art Jog 2018 yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation digelar di Yogyakarta dari 4 Mei hingga 4 Juni 2018 bertempat di Jogja National Museum.

Art Jog 2018 mengusung tema Pencerahan; Menuju Berbagai Masa Depan (Enlightenment: Toward Various Future). Pencerahan dalam hal ini dimaknai sebagai sebuah momentum yang mampu membebaskan manusia dari keterkungkungan kultus dan kemenangan rasionalitas. Dengan mengambil semangat pencerahan, seni diharapkan mampu menumbuhkan daya kritis dalam memandang segala persoalan di sekitarnya, serta mampu menghadirkan cara pandang yang tidak tunggal, sehingga dapat menatap dan menghantarkan manusia menuju masa depan yang beragam.

Seniman yang ditunjuk sebagai Commission Artist oleh ARTJOG pada tahun ini adalah Mulyana. Seniman ini memamerkan karya bertajuk Sea Remembers yang menampilkan kehidupan bawah laut lewat praktik seni modular berupa rajutan. Benang-benang terangkat membentuk beragam biota laut yang penuh warna.

Art Jog 2018 menampilkan karya dari 54 seniman dalam dan luar negeri. Tidak hanya memamerkan karya seni rupa, kegiatan ini juga menghadirkan sekitar 83 komunitas yang menampilkan berbagai bentuk kesenian seperti seni musik, teater, dan seni tari setiap hari selama penyelenggaraan Art Jog. Selain itu, juga dihadirkan Merchandise Project yang diikuti 79 institusi, komunitas, dan seniman untuk membuat dan memasarkan produk kreatif.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya