Upaya Djarum Foundation Tingkatkan Kualitas Sekolah Menengah Kejuruan

Posted : 26 Sep 2018

KUDUS – Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan merupakan salah satu misi Djarum Foundation. Inisiatif ini dimulai pada tahun 1963 dengan membangun sekolah di kampung halaman kami di Kudus, Jawa Tengah.

Program pendidikan yang tengah dikerjakan Djarum Foundation saat ini adalah Peningkatan Kualitas Sekolah Menengah Kejuruan, yang dimulai pada tahun 2011.

Beberapa kompetensi telah dikaji ulang secara menyeluruh, untuk memenuhi kebutuhan industri saat ini, pada bidang teknologi rekayasa, maritim, ekonomi kreatif, dan pariwisata.

“Tujuan kami adalah meningkatkan kualitas tenaga kerja terampil di Indonesia dengan melakukan pembinaan kepada 18 sekolah menengah kejuruan, guna menjadi pilihan utama bagi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Sehingga mereka lebih siap masuk ke dunia kerja,” ujar Primadi H. Serad selaku Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Program ini dimulai dengan menyelarasan kurikulum sekolah dengan apa yang dibutuhkan oleh industri. Djarum Foundation melibatkan tenaga profesional guna menjamin keselarasan  kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri.

Langkah selanjutnya adalah melatih para guru dan memberikan sertifikasi yang sesuai dengan standar industri.

Proses pembelajaran yang berkualitas juga menuntut fasilitas berstandar industri, guna meminimalkan kesenjangan antara apa yang mereka pelajari di sekolah dan apa yang akan mereka alami nantinya di tempat kerja mereka.

Sebagai langkah terakhir, Teaching Factory didirikan untuk melatih kesiapan siswa dalam memenuhi pekerjaan nyata yang diberikan oleh industri kepada sekolah, dengan bekerja sesuai dengan tuntutan pelanggan.

Hingga tahun 2018 ini, sudah ada 16 kompetensi dari 4 bidang keahlian yang telah diselaraskan guna menghasilkan lulusan yang kompetitif, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Indonesia dan internasional.

Di bidang Teknologi Rekayasa, kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Gambar Bangunan, Kimia Industri, Teknik Pengelasan, Teknik Pemesinan, dan Teknik Otomasi Industri telah disempurnakan guna mengatasi kesenjangan pekerja berkualitas di industri manufaktur.

Di bidang Maritim, kompetensi Nautika Kapal Niaga dan Teknika Kapal Niaga telah disiapkan untuk memasok perwira muda yang memenuhi syarat untuk bekerja pada jalur pelayaran internasional.

Di bidang Ekonomi Kreatif, kompetensi Interior Desain, Tata Busana, Rekayasa Perangkat Lunak, Desain Komunikasi Visual dan Animasi telah ditingkatkan untuk mengasah bakat kreatif dengan keterampilan praktis yang relevan dengan industri kreatif.

Sementara di bidang Pariwisata, kompetensi Perhotelan, Tata Boga serta Tata Kecantikan telah disusun ulang untuk menjawab permintaan tenaga kerja yang berkembang dari industri pariwisata Indonesia.

Primadi menambahkan, “Langkah kami selanjutnya pada Program Peningkatan Sekolah Menengah Kejuruan ini adalah mengembangkan lebih banyak kompetensi keahlian untuk bidang pekerjaan yang dibutuhkan Indonesia pada masa mendatang”.

Melalui program pengembangan pendidikan, Djarum Foundation berpartisipasi dalam memajukan Indonesia untuk menjadi negara digdaya yang seutuhnya.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya