International Mask Festival (IMF) 2018

Posted : 27 Oct 2018

Kebudayaan adi luhung dari hasil olah rasa, karsa dan cipta peradaban Nusantara dalam menemukan makna dan nilai kehidupan melalui salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah diciptakan, yaitu topeng. Imajinasi manusia dalam merepresentasikan alam atau roh-roh leluhur dalam tradisi kehidupan masyarakat Nusantara, yaitu penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur demi mengumpulkan dan menyimpan nilai luhur kebijaksanaan tentang kearifan lokal yang kemudian membentuk karakter bangsa Indonesia.

Bagi sebagian masyarakat dunia, topeng juga memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan. Tidak hanya karena keindahan estetisnya, melainkan bentuk mimetik dari ekspresi kesenian yang mengiringinya merupakan simbol-simbol khusus dalam berbagai upacara dan kegiatan adat yang luhur, sehingga kegiatan ini dapat melatih jiwa, kepekaan dan kesadaran manusia. Warisan agung inilah merupakan upaya masyarakat Nusantara untuk menyelaraskan alam, menghindari kekacauan untuk mencapai harmoni, yang dipercaya guna mencapai kesejahteraan, keamanan, keselamatan, dan ketentraman.

Dengan semangat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan yang agung, International Mask Festival (IMF) di tahun ke lima ini digelar pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2018, di kota Solo, Jawa Tengah. Festival berskala internasional yang juga didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini menggelar seni pertunjukan untuk mempersatukan keberagaman topeng dari suku bangsa Indonesia, dari Sabang sampai Merauke sebagai cara untuk menggali kekayaan kesenian topeng di Indonesia dalam menggali kekuatan kebersamaan dalam kebhinekaan.

Rangkaian acara meliputi seminar tentang topeng, workshop pembuatan topeng, dan penampilan pertunjukan seni yang secara khusus mengangkat topeng sebagai ikon utama di panggung. Tidak hanya di Kota Solo, penyelenggaraan International Mask Festival (IMF) juga bersinergi dengan beberapa kota lainnya di Indonesia seperti Museum Ullen Sentalu Yogyakarta, Museum Panji Malang dan Museum Arma Ubud Bali. Melalui media topeng, tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu tersampaikannya makna spirit ekspresi dan imajinasi "Wonderful Mask Indonesia" dan semangat harapan akan kebersamaan dalam keberagaman Indonesia.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya