Sepuluh Tahun Kiprah Cita Tenun Indonesia

Posted : 18 Nov 2018

Cita Tenun Indonesia (CTI) menyelenggarakan pameran tenun di Mall Pacific Place, Jakarta, pada tanggal 15-18 November 2018. Pameran yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini mengusung tema "Dekade Dedikasi". Kegiatan kali ini merupakan perayaan hari jadi yang ke sepuluh, dan mempunyai misi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tenun, khususnya generasi muda.

Sepuluh tahun sudah kiprah Cita Tenun Indonesia (CTI) dalam melestarikan kain tenun di Indonesia. Tenun merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang indah. Menyadari hal tersebut, berbagai upaya dilakukan mulai dari pelatihan, pengembangan, hingga pemasaran.

Pameran ini menampilkan kain tenun dari berbagai daerah mulai dari Cirebon, Palembang, Labuan Bajo hingga pedalaman Sambas, Kalimantan. Sebagian kain tenun yang dipamerkan masih dalam bentuk lembaran kain, sebagian diolah menjadi baju ready to wear, pernak-pernik rumah, serta aksesoris.

Empat desainer ternama digandeng untuk memeriahkan pameran. Auguste Soesastro menampilkan tenun Garut dan Majalaya, Jawa Barat, Danny Satriadi menampilkan tenun dari Jawa Tengah, Didi Budiardjo menampilkan tenun dari Kabupaten Buleleng, Bali, dan Priyo Oktaviano menampilkan tenun dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. CTI juga bekerjasama dengan 15 desainer muda, alumni dari Next Young Promising Designers (NYPD) yang telah diberikan pelajaran tentang cara mengolah tenun, supaya dapat menarik generasi muda untuk mencintai dan memakai tenun.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya