Galeri Indonesia Kaya Perdana Gelar Ruang Kreatif : Kelas Tari Virtual Jazz Patriotik

Posted : 22 Aug 2020

Jakarta, 22 Agustus 2020 - Galeri Indonesia Kaya senantiasa memperkenalkan dan mendekatkan masyarakat dengan kebudayaan Indonesia melalui berbagai sajian inspiratif dalam bentuk pertunjukan seni. Para penikmat seni juga dapat mengakses ragam artikel, foto, dan video melalui www.indonesiakaya.com dan berbagai kanal sosial media. Melalui akun YouTube Indonesia Kaya, para penikmat seni yang tengah #dirumahaja tetap bisa menikmati keindahan Indonesia melalui beragam tayangan yang ditampilkan.

Dalam rangka perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Galeri Indonesia Kaya kembali mengajak penikmat seni untuk merayakan kemerdekaan dengan menari melalui Ruang Kreatif : Kelas Tari Virtual Jazz Patriotik. Tarian jazz yang akrab dengan teknik dan gaya tari pertunjukan broadway dipilih dan dipadukan dengan tema patriotik dan semangat cinta tanah air.

“Kami menginisiasi program #MenariDiRumahAja untuk mengajak para penikmat seni mengembangkan kreativitas serta bergerak aktif tanpa meninggalkan rumah. Registrasi yang dibuka sejak 16 Agustus kemarin mendapat respon yang diberikan luar biasa. Untuk pertama kali, kami mengadakan kelas tari virtual yang bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan yang tidak memiliki keterampilan dasar menari juga bisa ikutan. Melalui kegiatan ini, penikmat seni dapat semakin mengenal berbagai jenis tarian. Menari juga baik untuk tubuh, memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres, maka itu ayo menari!” ujar Renitasari Adrian, Program Director Galeri Indonesia Kaya.

Ruang Kreatif : Kelas Tari Virtual Jazz Patriotik ini akan diajarkan langsung oleh Rusdy Rukmarata yang juga merupakan pendiri sekaligus koreografer EKI Dance Company. Kelas tari virtual yang diadakan hari ini pukul 16.00 WIB melalui Zoom ini diikuti oleh 50 peserta terpilih yang telah mengunggah video menari koreografi bebas dengan iringan lagu Kopral Jono. Video ini harus diunggah dalam periode 16 hingga 21 Agustus 2020 dengan menyertakan tagar #MenariDiRumahAja dan #IndonesiaKaya.

“Untuk koreografi yang saya konsep ini mengambil ciri khas Free Style Jazz dan mengambil gerakan sehari-hari, seperti berjalan, menengok, mengangguk dalam irama yang sangat natural. Saya mengatur sedemikian rupa sehingga para peserta dapat mengikuti panduan yang saya berikan, bahkan bagi peserta yang tidak mempunyai keterampilan dasar menari,” ujar Rusdi Rukmarata.

Galeri Indonesia Kaya juga telah aktif mengajak masyarakat untuk tetap bergerak aktif dengan #MenariDiRumahAja lewat Ruang Kreatif: Kelas Tari Nusantara sejak awal pandemi di Indonesia dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan bimbingan dan arahan dari para pelatih tari profesional seperti Alm. Gugum Gumbira Tirasondjaja, Elly Luthan, CIOFF Indonesia, Gema Citra Nusantara para penikmat seni dapat dengan mudah mengikuti gerakan tari tradisional yang dapat diakses di kanal YouTube IndonesiaKaya.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya