SERIAL MUSIKAL NURBAYA ADAPTASI KARYA SASTRA INDONESIA KE PANGGUNG DRAMA MUSIKAL VIRTUAL

Posted : 28 Jun 2021

Jakarta, 28 Juni 2021 - Setelah sukses mengangkat 6 cerita rakyat Indonesia dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita dalam program #MusikalDiRumahAja pada 2020 silam, www.indonesiakaya kembali mempersembahkan program online terbaru bagi para penikmat seni Indonesia. Program bertajuk Serial Musikal Nurbaya ini terdiri dari 6 episode yang akan tayang perdana pada Kamis, 1 Juli 2021 pukul 19.00 di kanal YouTube IndonesiaKaya dan akan diunggah satu episode setiap minggunya.

Serial musikal yang diadaptasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli ini bekerja sama dengan Garin Nugroho, kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN),  dan BOOW Live. Berbeda dengan produksi lainnya, Serial Musikal Nurbaya ini seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online pencarian para seniman-seniman muda berbakat Indonesia yang dimulai sejak Desember 2020 yang lalu melalui program online Mencari Siti. Para pekerja seni ini telah melalui latihan vokal, koreografi dan akting yang mendetail dan intensif untuk menampilkan kisah adaptasi karya sastra Indonesia ini dengan kemasan baru tanpa meninggalkan unsur kedaerahan masyarakat Minang.

Serial Musikal Nurbaya adalah sebuah proses panjang untuk semua yang terlibat dalam pembuatannya. Ada banyak cerita menarik selama proses pembuatan musikal online ini, mulai dari  pertama kalinya kami melakukan audisi online, pemilihan casting dari begitu banyak bakat-bakat yang turut serta hingga penerapan protokol kesehatan dimana seluruh kru dan pemain wajib antigen 2 kali seminggu untuk memastikan seluruh kru yang terlibat bebas dari Covid-19. Set dan penataan ruang dalam Serial Musikal Nurbaya ini dilakukan para ahli dalam studio kosong, sampai akhirnya menjelma menjadi dunia Nurbaya yang penuh cerita dan lagu,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com. 

Berbeda dengan produksi lainnya, Serial Musikal Nurbaya ini seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting. Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid (TEMAN) bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktop yang terpilih melalui workshop Mencari Penulis dan mengikuti masterclass online bersama Garin Nugroho dan Nia Dinata pada akhir tahun yang lalu.

Ketiga karakter utama dalam Serial Musikal Nurbaya ini terpilih dari peserta audisi tahap kedua yang telah mengikuti proses audisi atau casting secara offline. Para peserta yang berasal dari Jakarta, Padang, Bandung, Malang, dan Mataram ini menyanyikan lagu serta membacakan dua monolog yang sudah ditentukan ke hadapan para juri secara langsung maupun virtual dengan mengirimkan video berupa monolog dan lagu yang telah dipilih oleh tim Indonesia Kaya. 

“Untuk Serial Musikal Nurbaya ini ada pengembangan ide kreatif dari naskah cerita dan pengambilan latar kejadian. Pemilihan Jakarta di masa modern ini sangat cocok menjadi latar Serial Musikal Nurbaya karena berbentuk musikal online jadi kita harus memperhatikan bukan hanya musik saja tapi juga secara visual. Dengan budaya pop modern culture dimana dunia fashion memang sedang mengalami perubahan besar yang mengubah gaya berbusana menjadi lebih modis. Dari segi musik, masa itu merupakan lembaran baru bagi dunia musik di Indonesia,  Selain itu banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi di Jakarta pada masa itu yang masih relevan ke penonton masa sekarang. Selain itu, ada juga penambahan karakter untuk memperkuat bumbu musikalitas dalam Serial Musikal Nurbaya ini,” ujar Garin Nugroho selaku produser eksekutif.

Siti Nurbaya yang merupakan tokoh utama perempuan dalam serial musikal ini akan diperankan oleh Arawinda Kirana, seorang aktris muda yang telah memenangkan nominasi Aktris Pendatang Baru Terpilih dalam Piala Maya 2020. Samsul Bahri akan diperankan oleh Bukie Mansyur, seorang penyiar radio, DJ dan produser yang telah menuangkan minatnya pada dunia teater melalui komunitas teater musikal di kampusnya. Sedangkan tokoh antagonis Tuan Meringgih ini akan diperankan dengan apik oleh Bima Zeno Pooroe yang telah aktif berkiprah di dunia seni pertunjukan sebagai penyanyi dan pemain teater musikal sejak tahun 2010 lalu. Ketigaya telah menjalani latihan membawakan karakter dengan interpretasi mereka masing-masing.

Tak hanya 3 karakter utama, Serial Musikal Nurbaya memiliki banyak sekali karakter-karakter menarik, antara lain Nola Be3 sebagai Etek Rahma, Galabby sebagai Isabella, Jessica Januar sebagai Siti Alimah, dan kehadiran penyanyi Minang legendaris Elly Kasim. Karakter-karakter ini memperkaya cerita Nurbaya, yang berawal dari konsep panggung yang kemudian diterjemahkan menjadi sebuah serial film musikal.

Serial Musikal Nurbaya ini merupakan proyek kolaborasi dengan banyak pihak. Diproduseri oleh Bayu Pontiagust, proyek ini menggabungkan teknik panggung dan teknik film dengan arahan Venytha yang berperan sebagai sutradara teater dan Naya Anindita sebagai sutradara film. Ivan Tangkulung sebagai direktur musik, Andrea Miranda dan  Gabriel Harvianto sebagai pelatih vokal merupakan orang dibalik lantunan suara indah dan musik yang memanjakan telinga sepanjang cerita ini. Kolaborasi rekaman di gambar menyempurnakan koreografi dan performance yang mereka siapkan dan ditambah kemampuan untuk menambah lebih indah merupakan kolaborasi Bella Panggabean sebagai sinematografer, Caron Shaine sebagai manager produksi, dan Iskandar Loedin sebagai direktur artistik. Proses yang berawal dari panggung, kemudian melalui virtual hingga akhirnya diproduksi layaknya sebuah film menjadi hal yang baru bagi hampir semua yang terlibat.

“Keseluruhan proses Serial Musikal Nurbaya ini mulai dari musik, tari, kostum sampai pengambilan gambar merupakan jerih payah seniman di belakangnya. Semoga produksi terbaru ini dapat memberikan warna baru bagi penikmat seni di Indonesia dan menggugah para generasi muda untuk mengulik berbagai karya sastra Indonesia yang luar biasa,” ujar tutup Renitasari.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya