Peningkatan Kualitas Panti Asuhan Djarum Sumbangsih Sosial Perbaiki Dua Panti Asuhan di Solo Raya

Posted : 16 Sep 2022

SOLO, 16 September 2022 - Djarum Foundation melalui program Djarum Sumbangsih Sosial kembali menyelenggarakan kegiatan "Peningkatan Kualitas Panti Asuhan" ke Pondok Pesantren Yatim Hajjah Pattisah dan Panti Asuhan Anak Seribu Pulau yang berada di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah. Perbaikan sarana dan prasarana senilai Rp 250 juta ini merupakan kali kedua yang dilakukan Djarum Sumbangsih Sosial kepada dua lembaga sosial tersebut. Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan pada tahun 2016 lalu dengan total biaya Rp 2,5 miliar.

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto, menuturkan perbaikan di lembaga sosial binaan Djarum Foundation tersebut tak lepas dari upaya meningkatkan kesejahteraan sosial anak asuh dengan cara memenuhi kebutuhan utama mereka baik dari pemeliharaan tempat tinggal yang layak dan juga memperhatikan faktor kesehatan serta pembentukan karakter agar para anak asuh dapat tumbuh sehat dan menjadi pribadi yang lebih baik di masa mendatang.

"Adalah tanggung jawab kita semua untuk memastikan anak asuh dapat hidup dengan kualitas yang baik. Karena itu, Djarum Sumbangsih Sosial yang merupakan salah satu program dari Bakti Sosial Djarum Foundation aktif membantu berbagai lembaga kesejahteraan sosial yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Tengah," tutur Budiharto di sela seremoni yang diadakan di Pesantren Yatim Hajjah Patisah, Solo, Jumat (16/9).

Renovasi yang dilakukan kali ini meliputi perbaikan tempat tinggal yang layak seperti ruang tidur, dapur, ruang makan, kamar mandi, ruang bermain, pengadaan kasur, lemari, alat masak, penerangan, perbaikan drainase hingga menciptakan sirkulasi udara yang sehat agar tumbuh kembang para anak asuh semakin terjamin kualitasnya. "Kami berharap, pengurus dan anak-anak asuh dapat merawatnya dengan baik sehingga manfaat fasilitas tersebut dapat bertahan lama," Budiharto menjelaskan.

Tak hanya merenovasi tempat tinggal, Djarum Sumbangsih Sosial juga memberikan berbagai pembekalan baik dari sisi hard skill seperti pelatihan 5 R (ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin) maupun pembekalan soft skill diantaranya kemah persahabatan bersama anak-anak asuh dari 18 panti asuhan binaan Djarum Foundation hingga kesempatan mendapatkan beasiswa ke sekolah binaan Djarum Foundation. Tak hanya itu, anak-anak asuh juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan berkala setiap empat bulan.

"Pembekalan ini penting agar mereka memiliki karakter yang kuat sehingga mampu mengejar cita-cita yang didambakan. Kami berharap, berbagai kegiatan bisa menunjang pengembangan kepribadian anak asuh dan mendorong mereka menjadi generasi mandiri yang mampu meraih kesuksesan di masa mendatang," Budiharto melanjutkan.

Hasyim selaku Ketua Yayasan Pondok Pesantren Yatim Hajjah Pattisah menuturkan bantuan renovasi yang dilakukan Djarum Sumbangsih Sosial membuat anak-anak asuh semakin nyaman belajar. "Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Djarum Sumbangsih Sosial ini anak-anak lebih nyaman belajar karena banyak juga perbaruan dari sisi fasilitas belajar. Ini wujud CSR yang sangat bermanfaat buat kami. Terima kasih telah peduli terhadap kelangsungan generasi masa depan bangsa," ujar Hasyim.

Sementara itu, Penanggungjawab Panti Asuhan Anak Seribu Pulau, Umbu Herman, menghaturkan apresiasi kepada Djarum Sumbangsih Sosial atas kiprahnya yang senantiasa memberikan bantuan kepada anak-anak asuh. Saat ini, Panti Asuhan Anak Seribu Pulau menjadi rumah bagi 21 anak dengan bentang usia 8 - 21 tahun yang datang dari Solo, Riau, Nias hingga Papua. "Kami berterimakasih kepada Djarum Sumbangsih Sosial karena hadirnya bantuan ini membuat anak-anak lebih sehat dan bahagia. Semoga semakin banyak pihak mengikuti apa yang telah dilakukan Djarum Foundation ini," tandas Umbu Herman. 

Kegiatan Peningkatan Kualitas Panti Asuhan oleh Djarum Sumbangsih Sosial yang berjalan sejak 2014 ini telah bekerjasama dengan lembaga kesejahteraan sosial di Kudus (12 panti asuhan), Rembang (2 panti asuhan), Pati (2 panti asuhan) dan Solo Raya (2 panti asuhan). Secara keseluruhan, 18 panti asuhan binaan Djarum Foundation tersebut menjadi rumah bagi lebih dari 900 anak asuh. 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya