Teater Musikal Cek Toko Sebelah Undang Tangis, Tawa Hingga Decak Kagum Penonton

Posted : 09 Dec 2022

Jakarta, 9 Desember 2022 - Setelah sukses di layar lebar dan series, kini Cek Toko Sebelah hadir dalam medium baru yaitu panggung teater musikal. Teater Musikal Cek Toko Sebelah merupakan kolaborasi Ernest Prakasa dengan Jakarta Movin, kelompok seni pertunjukan yang sukses memanggungkan Musikal Petualangan Sherina. Pertunjukan yang didukung www.indonesiakaya.com ini berlangsung tanggal 9, 10, dan 11 Desember 2022 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Teater Musikal Cek Toko Sebelah ini menghadirkan Chandra Satria, Morgan Oey, Kristo Immanuel, dan Lea Simanjuntak. Pertunjukan ini juga melahirkan talenta baru di dunia teater musikal, karena dalam proses pembuatannya Jakarta Movin mengadakan audisi terbuka pada September 2022 yang lalu. Tidak heran banyak nama nama baru yang hadir menghiasi panggung Teater Musikal Cek Toko Sebelah.

"Dari awal Jakarta Movin berdiri, kami selalu ingin mencari dan melahirkan talenta-talenta baru di bidang seni pertunjukan. Setelah hampir 10 tahun berdiri, Jakarta Movin sampai saat ini konsisten memproduksi talenta di bidang seni pertunjukan untuk memajukan seni pertunjukan di Indonesia. Oleh karenanya, setiap seni pertunjukan yang kami buat jarang sekali menggunakan talenta yang sama. Apalagi di Teater Musikal Cek Toko Sebelah ini, saya juga kagum karena dengan proses latihan yang singkat, talenta-talenta baru ini bisa menunjukan performanya dengan maksimal," ujar Nuya sebagai Sutradara dan Penulis Lagu.

Selain matang dari sisi talenta, Jakarta Movin juga sudah mempersiapkan seluruh ornamen di Teater Musikal Cek Toko Sebelah ini sejak dua tahun lalu. Set design panggung dan artistik sudah di design sangat menyerupai film, sehingga tidak heran dapat membuat penonton merasa benar benar ada di film Cek Toko Sebelah dan terbawa dalam cerita. Lagu yang digunakan pun adalah Original Song dari Jakarta Movin yang juga sudah ditulis dan diproduksi yang memakan waktu 2 tahun untuk prosesnya. Hal ini melahirkan karya yang sangat apik dan membawa penonton bernostalgia di film Cek Toko Sebelah.

"Tidak pernah terpikir di benak saya bahwa Cek Toko Sebelah bisa diinterpretasikan ke dalam sebuah drama musikal di panggung teater. Ini merupakan sebuah pengalaman baru bagi saya untuk turut serta dalam proses kreatif sebuah drama musikal, mulai dari penulisan skrip, lagu, koreografi, dan sebagainya. Sungguh haru melihat keping demi keping tersusun untuk akhirnya siap disajikan. Tidak menyangka Cek Toko Sebelah ini menjadi sangat indah saat dibawakan secara musikal, dan membuat saya menangis hingga tertawa selama pertunjukan, ini merupakan pertunjukan teater terbaik tahun ini," ujar Ernest Prakasa juga selaku Co-Produser Teater Musikal Cek Toko Sebelah.

Cek Toko Sebelah berkisah tentang Koh Afuk, pemilik toko kelontong Jaya Baru yang sudah menua dan ingin mewariskan toko kesayangannya kepada anak bungsunya, Erwin, seorang pekerja korporat di multi-national company yang baru saja dipromosikan menjadi Brand Director Asia Tenggara di Singapura. Kakak laki-laki Erwin, Yohan, kecewa karena tidak dipercaya oleh Koh Afuk, padahal ia yang selama ini merasa lebih perhatian dan memiliki kedekatan emosional dengan toko Jaya Baru yang dibangun oleh orangtuanya. Sayangnya Koh Afuk sulit mempercayai Yohan yang sejak remaja memiliki sifat pemberontak dan berkali-kali terjerat masalah.

Teater Musikal Cek Toko Sebelah akan diwarnai 16 lagu baru yang secara spesifik dimaksud untuk memperkuat pengalaman penonton dalam memahami perasaan, keinginan dan kekecewaan para tokoh di dalam cerita Cek Toko Sebelah. Dengan musik live dan koreografi yang apik, pementasan yang didukung oleh iForte, BCA, dan blibli.com ini dijamin akan membuat penonton terpukau, senang, sedih, haru, dan terinspirasi setelah menonton. Pementasan ini juga menyegarkan ingatan masyarakat sebelum menyaksikan film Cek Toko Sebelah 2 yang akan tayang pada 22 Desember 2022 di bioskop. 

"Teater Musikal Cek Toko Sebelah ini kami harapkan bisa menarik minat masyarakat terutama generasi muda agar menyukai seni pertunjukan, sekaligus membangkitkan kreativitas para seniman muda mulai dari pemusik, pemain teater, penari, dan sebagainya. Kami juga berharap melalui seni pertunjukan dapat memicu lahirnya pertunjukan-pertunjukan dan meramaikan gedung pertunjukan yang ada di seluruh Indonesia," ujar Renitasari, Program Director www.indonesiakaya.com.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya