Hadapi Era Bonus Demografi, Lebih dari 500 Beswan Djarum Ikuti Nation Building

Posted : 10 Oct 2023

 

Bakti Pendidikan Djarum Foundation menyelenggarakan kembali Nation Building bagi 521 Beswan Djarum, sebutan bagi para mahasiswa penerima program Djarum Beasiswa Plus angkatan ke-38 yang berasal dari 93 perguruan tinggi di Indonesia. Rangkaian kegiatan yang diadakan selama 6 hari pada 5 – 10 Oktober 2023 di Semarang dan Kudus, Jawa Tengah ini mempertemukan Beswan Djarum dengan para alumni serta tokoh-tokoh penting untuk berbagi pengalaman. Kegiatan ini bertujuan agar para Beswan Djarum berdaya saing tinggi, tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga berkarakter, peduli dengan lingkungan sekitar, cinta tanah air, sehingga nantinya siap menghadapi era bonus demografi.

"Indonesia akan menghadapi era bonus demografi dalam beberapa tahun ke depan, tepatnya pada 2030 hingga 2045. Generasi muda memegang peranan penting karena saat itu diperkirakan penduduk usia produktif mencapai hampir 70 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Bakti Pendidikan Djarum Foundation melalui program Djarum Beasiswa Plus senantiasa ingin mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menguasai soft skills serta memiliki nasionalisme yang kuat. Oleh karena itu, setelah menjalani rangkaian pelatihan soft skills, para Beswan Djarum juga dibekali wawasan kebangsaan melalui kegiatan Nation Building ini, sehingga nantinya mereka mampu dan siap menghadapi berbagai tantangan dunia yang berubah begitu cepat, kompleks, dan tidak terprediksi," ujar Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H. Serad. 

Puncak rangkaian kegiatan Nation Building mempersembahkan pementasan Malam Dharma Puruhita yang dibawakan oleh para Beswan Djarum dengan format pertunjukan kolosal dalam bentuk seni drama, tari, dan musik. Melibatkan pegiat kreatif profesional seperti Ronald Soe dan Dennis Nussy, para Beswan Djarum berlatih untuk memberikan penampilan terbaik mereka dalam tema Tapak Jejak Nusantara. Harapannya, mereka mampu menghayati semangat para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan serta mengharumkan nama tanah air. Selaras dengan pesan yang ingin disampaikan dalam rangkaian kegiatan Nation Building.

"Rangkaian pembekalan yang diadakan oleh Djarum Beasiswa Plus sungguh membuka lebar mata, hati, dan telinga saya betapa besar dan tingginya nilai-nilai kehidupan berbangsa kita.  Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk melakukan pementasan Tapak Jejak Nusantara ini. Saya dan teman-teman secara tidak langsung juga belajar akan arti sebuah perjuangan dan menghargai kebhinekaan di Indonesia," ujar Fabian Hosea, salah satu Beswan Djarum dari Institut Teknologi Bandung.

Selain pertunjukan pagelaran malam puncak Nation Building, para Beswan Djarum mengikuti beragam kegiatan seperti cultural visit atau kunjungan budaya ke Kudus, Jawa Tengah. Mereka mengunjungi Masjid Menara Kudus yang merupakan salah satu warisan bersejarah yang melambangkan akulturasi dan keharmonisan bangsa. Kegiatan kunjungan budaya ini juga ingin memberikan pesan untuk menghargai keanekaragaman budaya di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga mengunjungi beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Djarum Foundation untuk berbagi pengetahuan dalam proses melahirkan generasi terampil yang siap bekerja. 

Para Beswan Djarum juga berkesempatan mengikuti temu wicara kebangsaan bersama para tokoh yang sudah mengharumkan nama bangsa, seperti mantan atlet bulutangkis binaan PB Djarum, Liliyana Natsir. Alumni Beswan Djarum yang telah sukses berkarier di bidangnya juga turut hadir membagikan pengalaman profesionalnya seperti pendiri QnC Laundry Daniel Christian Tarigan, dan Analis Kebijakan di Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia Dudih Sutrisman. Para Beswan Djarum diharapkan dapat terdorong oleh kisah-kisah inspiratif dari mereka sebagai bukti nyata pribadi unggul yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki karakter kuat dan selalu ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia. 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya