Atlet-Atlet Muda dari Penjuru Indonesia Berburu Poin Nasional di Kudus

Posted : 16 Nov 2023

KUDUS, 16 November 2023 – Tak kurang dari 1.255 atlet muda dari berbagai daerah di Indonesia bersaing di Polytron Gubernur Cup 2023. Turnamen yang berlangsung di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, pada 13-18 November 2023 menjadi parameter atlet-atlet muda bulutangkis untuk uji bakat dan kemampuan di atas arena. Sejumlah klub-klub top Tanah Air juga menerjunkan pemain terbaiknya yang membuat atmosfer perebutan gelar juara menjadi lebih ketat dan sengit.

Salah satu atlet yang jauh-jauh datang ke Kudus untuk memamerkan kemampuan terbaiknya di atas lapangan ialah Christensen Utama. Pria asal Padang Sumatera Barat ini bertarung di kategori Tunggal Putra U-17. "Polytron Gubernur Cup 2023 adalah salah satu ajang yang tidak ingin saya lewati. Walau berasal dari Padang, sudah dua bulan terakhir saya melakukan persiapan di Jakarta agar bisa bertandingan lebih maksimal di sini. Ajang ini menjadi kesempatan bagus buat mengetahui sejauh mana kemampuan saya karena memungkinkan bertandingan dengan atlet-atlet yang berasal dari klub-klub besar nasional," kata Christensen.

Ambisi yang sama juga diperlihatkan wakil Jayapura, Fito Kilimanjaro. Di Polytron Gubernur Cup 2023, Ia terjun di dua nomor berbeda, yakni Tunggal Pemula Putra U-15 dan Ganda Pemula Putra U-15. Fito menjadikan ajang ini sebagai persiapan awal dalam rencana besarnya, yakni menembus Pelatnas PBSI dua tahun ke depan.

"Melawan atlet-atlet dari klub-klub besar nasional menjadi motivasi saya jauh-jauh datang ke Kudus dan mengikuti Polytron Gubernur Cup 2023. Dengan begitu saya dapat mengetahui sejauh mana kualitas permainan saya ketika melawan mereka sehingga saya dapat melanjutkan ambisi besar buat bisa masuk Pelatnas nantinya," kata Fito.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Polytron Gubernur Cup 2023 yang juga Ketua Pengkab Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kudus, Yuni Kartika, mengakui Polytron Gubernur Cup 2023 memiliki daya tarik besar bagi atlet-atlet dari banyak daerah di Indonesia. Mereka bukan hanya bersaing menjadi yang terbaik, tidak sedikit juga yang ingin menjajal kemampuan karena memungkinkan melawan pemain-pemain dengan jam terbang lebih banyak. Dengan begitu, mereka bisa terus mengembangkan kualitas permainan masing-masing.

"Polytron Gubernur Cup juga dapat menjadi parameter buat atlet-atlet di seluruh Indonesia. Mereka bisa mengukur kualitas dan menjadikan ajang ini sebagai bahan evaluasi untuk terus mengembangkan kemampuan diri. Terlebih, klub-klub besar seperti PB Djarum, Jaya Raya Jakarta, Exist Jakarta, Tangkas Jakarta, Mutiara Bandung ikut bersaing di turnamen ini," kata Yuni Kartika.

Menjadi ajang asah kemampuan bagi para atlet dari penjuru Indonesia, Yuni berencana turnamen yang juga didukung penuh oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation ini bisa diselenggarakan rutin setiap tahun dan masuk dalam kalender PBSI. “Kami berkeinginan Polytron Gubernur Cup dapat diselenggarakan secara rutin di Kudus. Dengan masuknya turnamen ini ke kalender resmi PBSI atlet-atlet yang bermain di sini lebih bersemangat dan termotivasi karena berpeluang mendapatkan poin ranking nasional," ujar Yuni.

Di samping itu, Direktur Komersial Polytron, Tekno Wibowo, menyatakan, dukungan penuh perusahaan dalam turnamen ini merupakan upaya agar talenta-talenta muda Indonesia dapat terus mengasah mental dan kualitas permainan. Ia juga berharap, kelak melalui ajang ini dapat melahirkan lebih banyak nama-nama baru yang mampu mengharumkan Indonesia di pentas Internasional. Semangat pemain bersaing di turnamen ini tentunya juga menjadi lebih tinggi karena mereka memperebutkan hadiah total Rp600 juta.


"Polytron dengan bangga mendukung penuh turnamen ini yang bertujuan untuk mendorong regenerasi berbakat dan mencapai prestasi yang membanggakan untuk negeri. Golongan pertandingan yang dikompetisikan adalah anak-anak, pemula, remaja, taruna, dan dewasa baik putra maupun putri. Mulai dari partai tunggal, ganda, hingga ganda campuran. Tentu semuanya ditandingkan untuk meraih prestis juara dan sebagai ajang awal untuk mengasah mental sebelum terjun ke kancah badminton internasional," tutur Tekno Wibowo.

Polytron Gubernur Cup 2023 mempertandingkan 23 kategori yang meliputi U-11, U-13. U-15, U-17, U-19 dan kelompok umur dewasa baik di sektor tunggal, ganda dan campuran. Untuk kamu badminton lovers, saksikan dan beri dukungan secara langsung kepada para atlet yang berlaga di Polytron Gubernur Cup 2023 di GOR Djarum, Jati, Kudus. Turnamen ini terbuka untuk umum dan dapat disaksikan secara gratis.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya