Tingkatkan Kualitas Panti Asuhan-Pesantren dengan Perbaikan Sarana dan Prasarana - Sindonews.com


Posted : 17 Sep 2022

Sindonews.com - Dua lembaga sosial, Pondok Pesantren Yatim Hajjah Pattisah dan Panti Asuhan Anak Seribu Pulau di wilayah Solo kembali mendapat perhatian dari Djarum Foundation.

Melalui program Djarum Sumbangsih Sosial, dilakukan perbaikan sarana dan prasarana senilai Rp250 jutaSebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan pada 2016 dengan total biaya Rp2,5 miliar.

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto menuturkan, pihaknya berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial anak asuh dengan cara memenuhi kebutuhan utamanya, baik dari pemeliharaan tempat tinggal yang layak dan juga memperhatikan faktor kesehatan, serta pembentukan karakter.

"Adalah tanggung jawab kita semua untuk memastikan anak asuh dapat hidup dengan kualitas yang baik," kata Budiharto, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (17/9/2022).

Renovasi yang dilakukan kali ini meliputi perbaikan tempat tinggal yang layak seperti ruang tidur, dapur, ruang makan, kamar mandi, ruang bermain, pengadaan kasur, lemari, alat masak, penerangan, perbaikan drainase hingga menciptakan sirkulasi udara yang sehat agar tumbuh kembang para anak asuh semakin terjamin kualitasnya. 

"Kami berharap, pengurus dan anak-anak asuh dapat merawatnya dengan baik, sehingga manfaat fasilitas tersebut dapat bertahan lama," ungkapnya.

Selain renovasi, diberikan juga berbagai pembekalan, baik dari sisi hard skill seperti pelatihan 5 R (ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin), maupun pembekalan soft skill di antaranya kemah persahabatan bersama anak-anak asuh dari 18 panti asuhan hingga kesempatan mendapatkan beasiswa ke sekolah binaan Djarum Foundation.

Bukan hanya itu, anak-anak asuh juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan berkala setiap empat bulan. "Pembekalan ini penting agar mereka memiliki karakter yang kuat sehingga mampu mengejar cita-cita yang didambakan," harap Budiharto. Ketua Yayasan Pondok Pesantren Yatim Hajjah Pattisah, Hasyim menuturkan, bantuan renovasi yang dilakukan Djarum Sumbangsih Sosial membuat anak-anak asuh semakin nyaman belajar.

"Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Djarum Sumbangsih Sosialini anak-anak lebih nyaman belajar karena banyak juga perbaruan dari sisi fasilitas belajar," kata Hasyim. 

Dalam kesempatan yang sama, penanggung jawab Panti Asuhan Anak Seribu Pulau, Umbu Herman memberikan apresiasinya kepada Djarum Sumbangsih Sosial atas kiprahnya yang senantiasa memberikan bantuan kepada anak-anak asuh. 

Saat ini, Panti Asuhan Anak Seribu Pulau menjadi rumah bagi 21 anak dengan rentang usia 8-21 tahun yang datang dari Solo, Riau, Nias hingga Papua.

"Kami berterima kasih kepada Djarum Sumbangsih Sosial karena hadirnya bantuan ini membuat anak-anak lebih sehat dan bahagia. Semoga semakin banyak pihak mengikuti apa yang telah dilakukan Djarum Foundation ini," ujar Umbu Herman.

Source: https://lifestyle.sindonews.com/read/888367/166/tingkatkan-kualitas-panti-asuhan-pesantren-dengan-perbaikan-sarana-dan-prasarana-1663477771

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya