Rhenald Kasali Berbagi 7 Tips tetap Produktif di Situasi Sulit, Sebut Generasi Muda Pelopor Perubahan - ShowBiz Liputan6.com


Posted : 22 Nov 2022

Liputan6.com, Jakarta Lewat akun Instagram terverifikasinya yang diikuti lebih dari 117 ribu orang, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, kerap berbagi inspirasi dan perspektif seputar isu aktual dari ancaman resesi tahun depan hingga drama Ferdy Sambo.

Baru-baru ini, Founder Rumah Perubahan sekaligus Guru Besar Universitas Indonesia itu berbagi perspektif soal peran penting generasi muda Tanah Air kala dunia dipukul pandemi Covid-19 sejak 2020.

Ini disampaikan Rhenald Kasali kala menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan Nation Building bertema "Merajut Asa, Bangkitkan Harapan" bersama Djarum Foundation di Jakarta, pertengahan November 2022.

Menurutnya, sejak dulu generasi muda Nusantara tampil sebagai pelopor dalam memperjuangkan perubahan dan keluar dari belenggu penjajahan. Kini, di tengah pandemi, generasi muda perlu bergerak dan berani maju, melintasi rintangan.

"Jangan hanya melihat pandemi dari satu sisi yang tak menyenangkan, tapi lihatlah pandemi sebagai kondisi yang menciptakan beragam kreativitas untuk berkarya,” ujarnya lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Selasa (22/11/2022).

Harapan dan Ide Kreatif


"Untuk itu, pelatihan soft skills seperti Nation Building, sangat baik dalam mendukung dan menginspirasi generasi muda lain agar mampu mewujudkan harapan dan ide-ide kreatif mereka," Rhenald Kasali menyambung.

Setelahnya, ia berbagi tujuh tips tetap produktif di tengah wabah. Pertama, disiplin karena kesadaran diri, bukan dengan terpaksa. Kedua, growth mindset yakni bertumbuh karena senang menghadapi tantangan. Ketiga, berani ambil risiko.

Berusaha Jadi Pemenang


Keempat, berpikir kritis karena saat ini banyak hoaks bertebaran di masyarakat. Kelima, berpikir kreatif agar tercipta terobosan baru di masa sulit. Keenam, simple power of simplicity mengingat kemampuan menyederhanakan persoalan sangat penting.

"Terakhir, berusaha jadi pemenang dalam 'permainan.' Tak harus berambisi selalu pemenang. Beri orang lain kesempatan menjadi pemenang karena pemenang itu orang yang bisa menerima kekalahan dengan hati terbuka," urainya.

Merespons Secara Positif


"Untuk itu, Djarum Foundation melalui pelatihan soft skills Nation Building. Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia terutama generasi muda, merespons secara positif dan melakukan sesuatu yang berdampak baik untuk orang-orang sekitar," Abraham memaparkan.

Source: https://www.liputan6.com/showbiz/read/5132941/rhenald-kasali-berbagi-7-tips-tetap-produktif-di-situasi-sulit-sebut-generasi-muda-pelopor-perubahan

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya