Jokowi apresiasi kreativitas siswa SMK PGRI 1 dan SMK PGRI 2 Kudus - ANTARA Jateng (antaranews.com)


Posted : 08 Dec 2022

"Bisa bersaing dengan make-up artist di Hollywood ini"

Semarang (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi kreativitas para siswa SMK PGRI 1 dan SMK PGRI 2 Kudus pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 diselenggarakan di Marina Convention Center, Semarang, 3 Desember 2022.

Para siswa SMK PGRI 1 Kudus jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut yang menampilkan kreativitas mereka di bidang tata rias fantasi dan karakter, sedangkan dari SMK PGRI 2 Kudus jurusan Tata Boga yang menunjukkan kreasi olahan patiseri. Kedua SMK tersebut merupakan sekolah binaan Djarum Foundation.

Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah yang menyaksikan secara langsung kreasi para siswa SMK tersebut pun menyempatkan berbincang bersama mereka di sela-sela acara.Saat meninjau stan SMK PGRI 2 Kudus, Presiden Jokowi melihat langsung para siswa mempraktikkan proses pembuatan patiseri berbahan dasar tepung sorgum sebagai alternatif pengganti gandum.

"Kegiatan belajar di SMK PGRI 2 Kudus menyenangkan sekali Pak, karena selain hard-skills, soft-skills kami pun terus diasah. Jadi, kami tidak hanya belajar tentang keterampilan teknis, tapi para guru juga mengajarkan kami kewirausahaan, pemasaran dan mengembangkan kreativitas," kata Ahmad Zaenuri, siswa kelas XII jurusan Tata Boga saat menjawab pertanyaan Presiden Jokowi mengenai proses kegiatan belajar di sekolah mereka.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berkunjung ke stan SMK PGRI 1 Kudus mengaku kagum menyaksikan para siswa mempraktikkan teknik tata rias fantasi dan karakter.

"Kalau hasilnya seperti ini, sangat luar biasa, top! Bisa bersaing dengan make-up artist di Hollywood ini," katanya.Ketua Yayasan Sekolah PGRI Kudus Sutiyono dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya bangga akan kreativitas para siswa yang ditunjukkan di hadapan Presiden dan Gubernur Jawa Tengah,  mereka mampu mempersembahkan kreasi dan berbagai inovasi produk hasil karyanya sekaligus mendapatkan apresiasi secara langsung dari Presiden.

"Kreasi yang ditampilkan siswa hari ini menunjukkan penerapan kurikulum merdeka belajar di sekolah kami, terutama dalam hal kreativitas, dapat diimplementasikan dengan baik secara menyeluruh. Tidak itu saja, pendampingan yang diberikan oleh para guru agar siswa dapat terus mengembangkan minat dan kreativitasnya juga menunjukkan hasil yang baik," katanya.

Hingga saat ini terdapat 16 SMK di Kudus yang merupakan sekolah binaan Djarum Foundation melalui program Bakti Pendidikan Djarum Foundation dengan 20 bidang kompetensi, di antaranya bidang tata boga, tata busana, tata kecantikan, kulit dan rambut, perhotelan, animasi, maritim, dan sebagainya.

Djarum Foundation berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam mencetak SDM berkualitas, kompeten, dan memiliki daya saing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak ketika mereka menyelesaikan pendidikan tingkat SMK.

Source: https://jateng.antaranews.com/berita/475499/jokowi-apresiasi-kreativitas-siswa-smk-pgri-1-dan-smk-pgri-2-kudus

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya