Sambut Hari Menanam Pohon, Blibli-Djarum Foundation Tanam Ribuan Bibit Mangrove - ANTARA Jateng (antaranews.com)


Posted : 25 Nov 2022

Semarang (ANTARA) - Blibli bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation dan Pemerintah Kota Semarang melakukan #AksiCintaBumi terbarunya dalam mendukung Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana (BBWS) melalui penanaman 3.000 bibit mangrove di Banjir Kanal Timur, Tambakrejo, Semarang, Kamis (24/11).

Aksi penanaman mangrove yang sejalan dengan momen Hari Menanam Pohon Indonesia pada tanggal 28 November ini merupakan hasil dari pengumpulan 30.000 kardus kemasan bekas yang telah dikembalikan para pelanggan melalui armada pengiriman BES Paket dan tempat pengumpulan kardus (collection boxes) Blibli Cinta Bumi yang tersebar di beberapa titik di Jabodetabek selama periode 2021–2022.

Bisnis berkelanjutan merupakan salah satu fokus Blibli dalam menjaga kelangsungan bisnis dan lingkungan, di mana keduanya harus berjalan secara beriringan.

Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli memberikan apresiasi atas kepedulian setiap penggiat ekosistem dalam mengembalikan kemasan.

"Tahun ini kami mencatat 3 kali peningkatan volume kardus yang dikumpulkan sehingga tahun ini bisa menanam 3.000 bibit mangrove di bantaran muara banjir kanal timur Kota Semarang," katanya.

Setiap 10 kemasan bekas yang telah dikumpulkan oleh Blibli dikonversikan menjadi satu bibit pohon.

Dalam #AksiCintaBumi kali ini, Blibli dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) bersama-sama memperkuat keberadaan hutan mangrove demi membantu menstabilkan ekosistem dan mencegah erosi atau abrasi yang memiliki peran penting bagi ekosistem.

Tahun ini merupakan tahun kedua dari kerja sama antara Bakti Lingkungan Djarum Foundation dan Blibli.

"Sungguh sebuah kebanggaan bisa kembali melaksanakan #AksiCintaBumi bersama Blibli, terlebih tahun ini kami berhasil menanam lebih banyak pohon mangrove dan juga mengajak pelanggan untuk menerapkan gaya hidup lebih ramah lingkungan," ujar VP Director of Djarum Foundation FX Supanji.

Selain program menanam pohon sebagai komitmennya dalam mendukung pilar lingkungan dalam ESG, di tahun 2022 ini Blibli meluncurkan kampanye Langkah Membumi sebagai fase lanjutan dalam penerapan ekonomi sirkular.

Dimana kemasan bekas dan plastik yang dikembalikan pelanggan didaur ulang (upcycle) oleh Blibli dengan menggandeng social enterprise, komunitas dan pengrajin sehingga menghasilkan produk baru yang unik, berkualitas, dan memiliki nilai jual.

Menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk menerapkan gaya hidup lebih ramah lingkungan, Blibli juga secara resmi meluncurkan Blibli Cinta Bumi Hub sebagai laman utama kurasi produk eco-conscious di aplikasi dan situs resmi Blibli.

Source: https://jateng.antaranews.com/berita/473453/sambut-hari-menanam-pohon-blibli-djarum-foundation-tanam-ribuan-bibit-mangrove

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya