Pentas Karaeng Pattingalloang dan Dewi Sri Hadir di B20 Summit 2022 - detik.com


Posted : 16 Nov 2022

Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan B20 Summit Indonesia 2022 yang membahas tentang komunitas bisnis global. Di tengah acara B20 yang digelar di Badung, Bali, ada dua pertunjukan musikal sinematik yang berlangsung.

Kisah tentang sosok asal Makassar Karaeng Pattingalloang tampil akhir pekan lalu. Dilanjutkan dengan cerita mengenai Dewi Sri atau Ibu Kehidupan yang berjudul Beauty in Diversity yang tampil pada Senin (14/11).

Pementasan musikal sinematik Karaeng Pattingalloang yang dihadirkan pada reception dinner Kadin Indonesia merupakan seorang ulama asal Kerajaan Gowa-Tallo, Makassar yang berpengaruh besar pada era perdagangan Jalur Rempah pada abad ke-17.

Dia adalah sosok yang termasyhur di antara orang Eropa karena kecerdasan dan kemampuan intelektualnya. Karaeng Pattingalloang menjadikan Makassar sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan internasional dengan komoditas unggulan rempah-rempah dari Maluku (cengkeh dan pala). 

Simpul ekonomi jalur rempah-rempah terbentuk melalui integrasi Jawa-Makassar-Maluku, dan hasil produksinya merambah ke pasar Eropa.

Pada pembukaan hari kedua pelaksanaan B20, para peserta komunitas global ini juga dihibur dengan pertunjukan seni budaya bertema Dewi Sri Beauty in Diversity yang mengangkat keindahan alam indonesia beserta keragaman flora dan fauna.

"Dua pertunjukan bekerja sama dengan tim penari dari Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan dan penari dari Bali JCORP Stage Company, Bali," kata Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, dalam keterangan yang diterima detikcom.

Business 20 (B20) adalah forum dialog resmi G20 dengan komunitas bisnis global. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tersebut dihadiri sekitar 2.000 delegasi, termasuk Kepala Negara dan CEO perusahaan multinasional terkemuka dari lebih dari 40 negara, dan mewakili lebih dari 6,5 juta bisnis.

Source: https://hot.detik.com/art/d-6409584/pentas-karaeng-pattingalloang-dan-dewi-sri-hadir-di-b20-summit-2022

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya