Soegijapranata Catholic University - Bakti Lingkungan Djarum Foundation Ajak Mahasiswa Tanam Pohon - Ayo Semarang


Posted : 01 Feb 2023

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Setiap tahunnya Soegijapranata Catholic University (SCU) mengadakan pelatihan soft-skill yang dikenal dengan Advancing Talent and Goal Wonderfully (ATGW). Acara ini bertujuan untuk membekali mahasiswa baru menyusun goal setting selama kuliah dan memiliki karakter kritis-kreatif-visioner, peduli, dan tangguh.

Pada ATWG kali ini, SCU juga mengajak mahasiswa baru untuk melakukan penanaman pohon di lahan kritis Kota Semarang yang didukung oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Berta Bekti Retnawati, M.Si menuturkan, aksi penanaman pohon dalam kegiatan ATGW di SCU ini didukung sepenuhnya oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Kegiatan ini mendorong mahasiswa secara berkelompok untuk berperan aktif, peduli pada lingkungan mulai dari menanam pohon, merawat pohon, dan menjaga tetap hidup subur, berkembang dan seterusnya.

''Konsistensi dan keaktifan menjaga pohon yang sudah ditanam nantinya dan dilakukan dalam durasi waktu penilaian ATGW ini menunjukkan komitmen dan keseriusan semua pihak untuk lingkungan tetap asri dan subur,'' jelasnya di sela-sela penanaman pohon di sekitar kampus Soegijapranata Catholic University, Rabu 1 Februari 2023.

Digerakkan oleh kepedulian SCU untuk melestarikan lahan kritis di wilayah Kota Semarang, hal ini pun disambut baik oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Hal ini diungkapkan oleh Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji yang juga menyambut baik inisiatif dari SCU dengan melibatkan langsung mahasiswa baru untuk menanam. Ia juga berharap, mahasiswa dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga kelestarian lingkunga.

Pada penanaman yang dilakukan pada Rabu 1 Februari 2023, 1,400 mahasiswa baru SCU menanam 302 pohon yang terdiri dari durian, alpukat, nangka, buah mentega, sirsak madu, asam jawa dan 11 jenis pohon MPTS (Mutli Purpose Trees Species) lainnya yang akan dirawat langsung oleh masing-masing mahasiswa.

Rektor SCU Dr Ferdinandus Hindiarto MSi menambahkan bahwa program ini diharapkan bisa memunculkan kepedulian mahasiswa tak hanya pada sesama tetapi juga terhadap lingkungan.

"Program ini menjadi bagian dari ATGW untuk menumbuhkan karakter kritis, kreatif, visioner, peduli, dan tangguh (KKV-PT) pada mahasiswa baru. Penanaman dan perawatan yang dilakukan oleh mahasiswa ini mendorong mahasiswa untuk tidak hanya memunculkan kepedulian pada sesama namun juga terhadap lingkungan,"ungkapnya.***

Source: https://www.ayosemarang.com/pendidikan/pr-777229874/soegijapranata-catholic-university-bakti-lingkungan-djarum-foundation-ajak-mahasiswa-tanam-pohon

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya