Djarum Beri Pelayanan Medis Masyarakat di PPDU Jombang - Jatim AntaraNews


Posted : 20 Mar 2023

Surabaya (ANTARA) - Djarum Foundation melalui Djarum Sumbangsih Sosial memberikan pelayanan medis kepada masyarakat di Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Kabupaten Jombang. "Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang merupakan lokasi kedua pelayanan medis masyarakat di Jawa Timur pada tahun 2023.Sebelumnya, pada 25 Februari 2023, kegiatan serupa digelar di Ponpes Al-Falah Ploso Kediri," kata perwakilan dari Djarum Foundation, Legowo Kadri, dalam keterangannya, Senin.

Pihaknya menggandeng pesantren dalam kegiatan ini untuk meningkatkan peran pondok pesantren terhadap masyarakat.

Selain itu, selama ini pondok pesantren juga memberi banyak manfaat bagi warga sekitar. "Kegiatan di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ini merupakan bakti sosial yang ke-62," ujar Legowo.Sementara itu, Founder YBSI Kolonel Laut (K) Dr. dr. Hisnindarsyah, SpKL. Subsp.KT(K),SE., M.Kes., MH., C.FEM, mewakili Ketua Umum YBSI Virly Mavitasari menjelaskan, berbagai pelayanan kesehatan diberikan dalam pelayanan medis ini.

Mulai kesehatan umum, gigi, hingga pemeriksaan laboratorium. Termasuk juga memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai pemulihan kesehatan pascapandemi COVID-19.Dalam pelayanan medis di GOR Unipdu, pihaknya menerjunkan 30 hingga 40 tenaga medis terdiri dari dokter umum dan spesilais, dokter gigi, perawat, apoteker, serta petugas laboratorium.

"Sejak didirikan pada 2022, YBSI terus melakukan permberdayaanmasyarakat. Salah satunya adalah melakukan peningkatan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat," ujar alumnus Fakultas Kedokteran Unhas (Universitas Hasanudin) Makassar 1988-1996 ini.

Perwakilan dari Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum  Jombang, dr Zulfikar As'ad atau Gus Ufik menyambut baik kegiatan pelayanan medis masyarakat yang digelar oleh Djarum Sumbangsih Sosial bekerja sama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI), dan Rabithah Ma'had Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Jatim.

Menurut Gus Ufik, PPDU Rejoso Peterongan Jombang memiliki 11 ribu santri. Ada 12 lembaga pendidikan di pesantren tersebut, termasuk kampus Unipdu. Ribuan santri tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan Unipdu juga sudah memiliki rumah sakit, yakni RSUM (Rumah Sakit Unipdu Medika).

Source https://jatim.antaranews.com/berita/688182/djarum-beri-pelayanan-medis-masyarakat-di-ppdu-jombang

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya