Masyarakat Kawasan Ponpes Darul Ulum Jombang Nikmati Layanan Medis Gratis - Republika.co.id


Posted : 19 Mar 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG--Masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Jombang mendapat pelayanan kesehatan secara gratis pada Sabtu (18/3/2023). Layanan gratis untuk masyarakat ini diberikan Djarum Foundation melalui Djarum Sumbangsih Sosial bekerja sama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI), dan Rabithah Ma'had Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Jawa Timur (Jatim).

Perwakilan Djarum Foundation, Legowo Kadri mengaku, layanan medis yang ditempatkan di GOR Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum) Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang ini merupakan lokasi kedua di Jatim pada 2023. Sebelumnya, layanan kesehatan gratis juga digelar di Ponpes Al-Falah, Ploso, Kediri.

"Kegiatan di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ini merupakan bakti sosial yang ke-62," ujar Legowo, dalam keterangan, Ahad (19/3/2023).Legowo menambahkan, bukan hanya di Jawa Timur, kegiatan serupa juga digelar di Jawa Tengah. Kegiatan ini telah menyasar lebih dari 69 ribu orang. "Semoga apa yang kami lakukan ini bisa meringankan beban masyarakat, sebagai wujud bakti untuk negeri," tuturnya.

Founder YBSI Kolonel Laut (K) Hisnindarsyah mewakili Ketua Umum YBSI Virly Mavitasari menuturkan, berbagai pelayanan kesehatan diberikan dalam pelayanan medis ini. Mulai kesehatan umum, gigi, hingga pemeriksaan laboratorium. YBSI menerjunkan 30 hingga 40 tenaga medis yang terdiri dari dokter umum dan spesialis, dokter gigi, perawat, apoteker, serta petugas laboratorium.

"Layanan kesehatan harus terus kita tingkatkan. Apalagi untuk masyarakat pra-sejahtera," ujar dokter Hisnin, panggilan akrab dr Hisnindarsyah.

Perwakilan dari Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, dr Zulfikar As'ad atau Gus Ufik menyambut baik kegiatan pelayanan medis seperti ini. Menurut Gus Ufik, PPDU Rejoso Peterongan Jombang memiliki 11 ribu santri. Ada 12 lembaga pendidikan di pesantren tersebut, termasuk kampus Unipdu. Bahkan Unipdu juga sudah memiliki rumah sakit, yakni RSUM (Rumah Sakit Unipdu Medika).

Gus Ufik mengakui kesehatan sangat penting bagi santri dan masyarakat sekitar. "Alhamdulillah hari ini ada pelayanan medis masyarakat. Sehingga kehadiran pondok bisa memberikan manfaat untuk warga sekitar," ujarnya.

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya