Siswa SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus Jaring Mitra di Hannover Messe 2023


Posted : 23 Apr 2023

Kumparan.com - Kemampuan siswa SMK semakin tidak diragukan lagi, hal tersebut terbukti dengan keikutsertaan tiga siswa SMK Raden Umar Said Kudus jurusan animasi dalam pameran kelas dunia di Jerman. Tiga siswa tersebut bersanding dengan kalangan profesional di Hannover Messe 2023 pada tanggal 17-21 April 2023. 

Jelang penutupan pameran Hannover Messe 2023, Indonesia tercatat berperan sebagai Official Partner Country. RI telah mengirimkan setidaknya 157 co-exhibitors, yang terdiri dari badan usaha, asosiasi, kawasan industri/kawasan ekonomi khusus, BUMN, lembaga pendidikan, kementerian serta lembaga Indonesia lainnya. 

SMK Raden Umar Said Kudus yang merupakan salah satu SMK binaan Djarum Foundation pun turut meramaikan pameran industri tersebut. Ketiga siswa SMK yang mewakilkan, yaitu Windiastanti Dawolo, Muhammad Ali Azka, dan Gandrung Sanghyangraya. 

Mereka memamerkan keahlian masing-masing di bidang animasi yang telah dipelajari di sekolah. Mulai dari animating, compositing, hingga rigging.

 

Terbentuknya keahlian 3 siswa SMK mampu membuat SMK Raden Umar Said Kudus menjaring mitra dari berbagai negara untuk pembuatan animasi di SMK Raden Umar Said Kudus. Beberapa perusahaan besar bahkan telah merencanakan kedatangan ke Kudus, Jawa Tengah untuk menindaklanjuti potensi kemitraan tersebut.

Stan pameran SMK Raden Umar Said Kudus pun mendapat perhatian khusus dari Prof. Dr. Thomas Köhler seorang pakar vokasi di Technische Universität Dresden (TUD), yang merupakan satu perguruan tinggi vokasi terbaik di Eropa.

“Menurut saya Hannover Messe adalah acara yang sangat besar. Saat saya datang ke sini, saya kagum bahwa ada anak-anak muda Indonesia yang dapat berpartisipasi dalam kesempatan seperti ini. Sejak awal sudah bisa mendeteksi bagaimana industri di masa depan dan berproses aktif dengan mempersiapkan sistem pembelajaran yang kreatif”, ujarnya.

Dirjen Kemendikbudristek, Kiki Yuliati juga mengapresiasi karya tiga siswa SMK Raden Umar Said Kudus itu. Tak hanya itu, banyak juga pujian yang diterima pengunjung ketika berdatangan ke pameran tersebut. 

"Anak-anak SMK Raden Umar Said Kudus sangat mengagumkan. Mereka bertiga mampu beradaptasi dengan cepat, dapat menjelaskan dengan baik apa yang sedang dan telah dikerjakan. Mereka komunikatif dan percaya diri. Selain itu, Azka, Gandrung, dan Windi juga terampil dan cekatan. Ini menunjukkan bahwa mereka juga memiliki kompetensi yang baik," jelas Kiki.

Sumber: https://kumparan.com/kumparannews/siswa-smk-raden-umar-said-rus-kudus-jaring-mitra-di-hannover-messe-2023-20Gd9XtA2r8/full

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya