Kontribusi Ke Masyarakat Melalui Kataji

Posted : 23 Jul 2018

Setelah menerima serangkaian pelatihan soft skills dan pembekalan program Community Empowerment (CE) dari Djarum Beasiswa Plus, Beswan Djarum 2017/2018 berkesempatan mempraktikkannya dengan terjun ke masyarakat. Tahun ini, sebanyak sembilan program CE berlangsung di sejumlah kota di Indonesia antara lain  Aceh, Jambi, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang dan Jember.

Salah satu program CE yang telah memasuki agenda workshop adalah Kreasi Ampas Tahu Tjibuntu (Kataji). Cibuntu merupakan salah satu daerah di Kota Bandung yang terkenal sebagai sentra pengrajin tahu. Sebagian besar penduduk laki-lakinya bekerja di pabrik tahu sedangkan ibu-ibunya menjadi ibu rumah tangga.

Melihat jumlah ampas tahu yang tiap harinya dihasilkan, membuat Agung Apriliandi, Syariefah Nur Hidayah, Nafia Rianti, Mita Tarmila, Yusuf Rafsanjani, Trisnawati Amalia, Indira Anti Tirani, Devi Nurlaily Rizqia Putri, Dhimas Giofani, dan Amalika Sobilla menangkap potensi yang dapat menjadi ladang penghasilan.

Para Beswan Djarum 2017/2018 yang berasal dari beragam Universitas ini mendatangi warga RW 7 Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan, Ciparay yang mayoritas pengrajin tahu namun penghasilannya tidak tetap.

Keberadaan pabrik-pabrik tahu juga merupakan peluang untuk produk Kataji. Apalagi para warga masih belum mengetahui nutrisi dari ampas tahu sehingga selama ini tidak memaksimalkannya dengan baik.

Diketuai oleh Agung Apriliandi dari Universitas Jendral Achmad Yani, mereka kemudian menyusun sejumlah workshop mulai dari produksi berupa Vege Nugget hingga pelatihan pemasaran dengan teknik yang tepat.

Proyek pemberdayaan Kataji ini mengarah pada ibu-ibu setempat yang nantinya diharapkan mampu mengembangkan kelompok pengolahan ampas tahu di Cibuntu.  Sehingga para ibu yang tadinya hanya ibu rumah tangga bisa memiliki penghasilan sendiri.

Melalui program Community Empowerment ini, Beswan Djarum mampu melatih sifat kepemimpinan dengan pendekatan yang positif serta membentuk karakter diri untuk berkontribusi secara langsung di masyarakat.

Ikuti terus informasi Djarum Beasiswa Plus di media sosial resmi kami, Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum) dan Youtube (Djarum Beasiswa Plus).

 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya