Djarum Foundation Beri Bantuan APD bagi Tenaga Medis di Kudus

Posted : 01 Apr 2020

KUDUS - Bakti Sosial Djarum Foundation turut ambil bagian dengan memberikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis di Kabupaten Kudus untuk penanganan pasien virus Corona atau Covid-19. Bantuan senilai lebih dari Rp1,5 miliar ini diserahkan oleh Program Manager Djarum Foundation Purwono Nugroho kepada Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Kudus, Rabu (1/4/2020). 

Hadir pada acara ini, Plt Bupati Kudus HM Hartopo ST MM MH, Sekretaris Daerah Kudus yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Kudus DR Samani Intakoris ST MT dan jajaran terkait. Dalam kesempatan ini, turut hadir pula Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji.

Purwono Nugroho mengemukakan bantuan ini merupakan langkah nyata Djarum Foundation untuk turut berkolaborasi dan bersatu padu, bergotong royong, dalam sebuah gerakan memerangi Covid-19, seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Selain itu, sebagai wujud kepedulian  untuk masyarakat dan lingkungan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, Purwono berharap adanya bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) ini dapat melindungi tenaga medis dalam menangani pasien baik yang suspect maupun positif Covid-19.

''Semoga para pahlawan kesehatan yang berada di garda terdepan dapat terlindungi dan lebih percaya diri dalam menangani pasien dengan adanya tambahan APD ini,'' ucapnya.

Purwono mengungkapkan bantuan alat perlindungan diri Djarum Foundation meliputi  Baju Coverall (500 pcs), Kacamata  Goggle (400 pcs), Dental Protective Face (300 pcs), Masker N95 (4 ribu pcs), Masker Bedah (1.000 box), Sepatu Boot (400 pasang), Sarung Tangan (1.000 box), Penutup Kepala (5.000 pcs), Virus Transportation Media (VTM) atau alat untuk mengecek pasien yang diduga terinfeksi virus corona sebanyak (5.000 pcs).

''Namun karena ketersediaan barang di pasaran terbatas, maka pengiriman bantuan alat kelengkapan APD ini dilakukan secara bertahap,'' ungkapnya.

Plt Bupati Kudus Hartopo menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan ini. Terlebih, saat ini para petugas medis kesulitan untuk mendapatkan APD lantaran tingginya kebutuhan.''Perlengkapan APD itu akan dibagikan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Kudus dan dalam penyalurannya juga akan dikoordinir oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus,'' jelas Hartopo.Ia juga berharap masyarakat turut berperan aktif dalam menanggulangi penyebaran wabah tersebut, baik melalui langkah preventif di lingkungan kerja maupun pemberian bantuan dari berbagai pihak salah satunya Djarum Foundation.

“Mari kita bersama-sama berjuang mengatasi Covid-19 dan berdoa agar kondisi ini segera berlalu dan kembali kondusif,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kudus yang merangkap sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Kudus DR Samani Intakoris ST MT menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh Djarum Foundation ini. Sebab, ada pertambahan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP). Ini belum dengan adanya warga Kudus yang kembali dari perantauan. *


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya