Prihatin Kondisi Lingkungan Rusak, UAJY Tanam 200 Bibit Tanaman | kumparan.com


Posted : 10 Dec 2023

Perubahan iklim jadi salah satu isu global  yang perlu mendapat perhatian serius di seluruh dunia. Ada berbagai cara untuk melakukan gerakan peduli lingkungan salah satunya lewat menanam pohon seperti yang dilakukan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Meski hanya sepele, namun dampaknya sangat berarti bagi lingkungan.

Lebih dari 200 bibit pohon ditanam oleh para mahasiswa baru dari berbagai jurusan di kampus UAJY ini. Rektor UAJY, G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M  bermaksud mengajak para mahasiswanya memiliki kesadaran sendiri soal pentingnya arti menjaga lingkungan hidup setidaknya bermula dari tempat terdekat, yakni kampus mereka.

“Ini upaya kita menerjemahkan salah satu dari 17 goal dari sistem yaitu merawat kehidupan di daratan. Maka dengan penanaman pohon yang didukung penuh oleh pihak Djarum Foundation harapannya para mahasiswa juga ditumbuhkan kesadaran akan arti penting lingkungan hidup,” ujarnya di sela acara penanaman pohon di lahan UAJY di daerah Seturan pada Minggu (10/12).

Bukan hanya sekedar pohon, bibit yang dipilih untuk ditanam kini ialah bibit pohon buah. Nurhartanto mengatakan, mereka tak ingin sekedar menumbuhkan pohon untuk menjadi bagian membuat rindang atau menghasilkan oksigen saja, akan tetapi pohon itu juga bisa mendatangkan manfaat sumber pangan yang bisa dirasakan langsung.

“(Penanaman) ditekankan buah-buahan karena ini supaya dari pohon itu orang mendapatkan manfaat langsung tidak hanya sekedar oksigen tapi juga bisa menikmati hasilnya,” imbuhnya.

Dalam agenda kali ini, pihaknya berharap agar tak sebatas berhenti di aksi menanam saja. Para mahasiswa juga diharapkan bisa menjaga dan memelihara tanaman ini selama masa studi mereka.

“Harapan kelanjutannya nanti anak-anak setelah menanam juga wajib memelihara pohonnya agar terus tumbuh dan akhirnya kita bisa melihat hasilnya,” tuturnya.

Program Director BLDF, FX Supanji mengungkapkan, saat ini pihaknya telah menanam lebih dari 2.000.000 pohon diawali dengan penghijauan di kota Kudus sejak tahun 1979. Pihaknya pun turut mengajak para mahasiswa UAJY untuk senantiasa menumbuhkan komitmen pentingnya menjaga lingkungan.

“Kesadaran terhadap lingkungan harus terus ditumbuhkan. Upaya nyata menjadi bentuk komitmen kita untuk masa depan lingkungan yang lebih baik, dan kami berhadap tumbuhnya pohon yang kita tanam hari ini akan beriringan dengan tumbuhnya kesadaran kita akan pentingnya lingkungan,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa UAJY, Dita menyebut kegiatan kali ini sangat bermanfaat. Pasalnya hal ini sangat membantu masyarakat sekitar berupaya menjaga bumi menjadi yang lebih baik lewat upaya kecil menanam pohon.

“Lingkungan yang sekarang ini sudah parah banget karena banyaknya penebangan liar. Ini upaya yang membantu masyarakat sekitar dan bumi agar menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Source: https://kumparan.com/tugujogja/prihatin-kondisi-lingkungan-rusak-uajy-tanam-200-bibit-tanaman-21k6yIGi64e/full

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya