Cegah Kerusakan Alam, Mahasiswa Tanam Ratusan Bibit Pohon - Suara Merdeka Kedu


Posted : 10 Dec 2023

YOGYAKARTA, kedu.suaramerdeka.com - Musim hujan tiba dan sejumlah tempat mengalami bencana. Ada banjir bandang, ada pula tanah longsor. Ulah manusia menjadi salah satu penyumbang penyebab bencana.

''Karena itu penyelamatan lingkungan menjadi penting dengan melibatkan banyak pihak termasuk mahasiswa,'' tandas Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Dr G Sri Nurhartanto, Minggu (10/12/2023).

Ia mengungkapkan itu pada penanaman pohon kerja sama UAJY dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Keduanya memiliki komitmen yang sama merawat bumi agar semakin nyaman ditinggali.

Ratusan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan terlibat dalam aksi tersebut. Mereka menanam ratusan bibit pohon di lahan seluas lebih 7.000 meter persegi tak jauh dari kampus UAJY.

Selamatkan Lingkungan

Program Director BLDF, FX Supanji menegaskan perlunya peningkatan kesadaran lingkungan. Melibatkan mahasiswa menurutnya langkah tepat sebagai upaya edukasi sekaligus menumbuhkan kecintaan pada lingkungan.

''Upaya nyata menjadi bentuk komitmen kita untuk masa depan lingkungan yang lebih baik. Kami berhadlrap tumbuhnya pohon yang kita tanam hari ini akan beriringan dengan tumbuhnya kesadaran kita akan pentingnya lingkungan,'' ujar Supanji.

Ia menambahkan saat ini BLDF telah menanam lebih dari 2.000.000 pohon diawali dengan penghijauan di Kudus sejak tahun 1979.

Sebuah pusat pembibitan tanaman didirikan untuk mendukungprogram penanaman trembesi, konservasi mangrove, serta konservasi Muria dan Patiayam.

Selain bersama UAJY, penanaman bersama mahasiswa baru pun dilakukan dengan beberapa universitas yakni Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Katolik Parahyangan dan Universitas Negeri Semarang.

Source: https://kedu.suaramerdeka.com/kedu/2111151604/cegah-kerusakan-alam-mahasiswa-tanam-ratusan-bibit-pohon#google_vignette

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya